Kemenag Lampaui Target Perluasan Akses Masuk PTKIN

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Tahun 2019 merupakan akhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Kementerian Agama telah melampaui target perluasaan akses siswa masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 

“Secara umum target perluasan akses kita telah melampauan batas, misalkan jumlah mahasiswa kita telah mencapai 1 juta lebih,” kata Kamaruddin dalam pembukaan Rapat Koordinasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kamis (22/02) di Jakarta.   

Rapat koordinasi dibuka oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Rakor yang diikuti 58 Rektor UIN dan IAIN, serta Ketua STAIN ini berlangsung di Jakarta, selama dua hari, 21-22 Februari 2019. Kegiatan ini mengusung tema ‘Meneguhkan Sinergi Menuju PTKIN Berkualitas dan Akselerasi Pelaksanaan Program 2019’. 

Menurut Kamaruddin, tantangan PTKIN ke depan adalah mutu dan kualitas. Untuk itu, seluruh program dan penganggaran harus berorintasi pada peningkatan mutu, baik dari sisi kelembagaan, sumber daya manusia, produksi ilmu pengetahuan, dan mutu pembelajaran.  

Dari sisi kelembagaan, Guru Besar Hadits ini berharap agar semakin banyak PTKIN yang mendapatkan akreditasi institusi A. Saat ini baru empat PTKIN yang mendapatkan akreditasi A, yaitu: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Alauddin Makasar. 

“Saat ini kita baru memiliki 405 profesor dan 4000 doktor. Karenanya, kita harus mengakselerasi peningkatan guru besar,” tandasnya.  

Untuk kepentingan produksi ilmu pengetahuan, Kamaruddin mencanangkan penulisan 1000 buku yang di susun oleh akademisi PTKIN pada tahun 2019. Selain itu, akan dilakukan juga peningkatan penelitian dan penulisan jurnal-jurnal internasional. 

Rapat koordinasi ini juga diikuti para pejabat Eselon II, III, IV dan JFU Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.(p/ab)